Kamis, 02 September 2010

DESAIN PERPUS

DESAIN PERPUSTAKAAN

A. Penentuan Lokasi Gedung / Ruangan Perpustakaan
Gedung perpustakaan adalah bangunan yang diperuntukan bagi seluruh aktivitas sebuah perpustakaan. Disebut gedung apabila merupakan bangunan besar dan permanent, terpisah dari gedung lain sedangkan apabila hanya menempati sebagian dari sebuah gedung atau hanya sebuah bangunan (penggunan ruang kelas), relatif kecil disebut ruangan perpustakaan.
1. Penentuan Lokasi
Perpustakaan sekolah yang dilengkapi secara tepat hendaknya memiliki karakteristik sebagai berikut :
a. Rasa aman.
b. Pencahayaan yang baik.
c. Didisain untuk mengakomodasi perabotan yang kokoh, tahan lama dan fungsional, serta memenuhi peryaratan ruang, aktivitas dan pengguna perpustakaan.
d. Didisain untuk mengakomodasi perubahan pada program sekolah, program pengajaran , serta perkembangan teknologi audio, video dan data yang muncul.
e. Didisain untuk memungkinkan penggunaan, pemeliharaan serta pengamanan yang sesuai menyangkut perabotan, peralatan, alat tulis kantor dan materi.
f. Dirancang dan dikelola untuk menyediakan akses yang cepat dan tepat waktu ke aneka ragam koleksi sumber daya yang terorganisasi.
g. Dirancang dan dikelola sehingga secara estetis pengguna tertarik dan kondusif dalam hiburan serta pembelajaran, dengan panduan dan tandatanda yang jelas dan menarik.


Penentuan lokasi perpustakaan agar dapat maksumal pemanfaatannya harus dapat memenuhi kriteria diantaranya :
a. Berada ditempat yang luas tanahnya memungkinkan dilakukannya
perluasan pada masa yang akan datang, sesuai dengan perkembangan
perpustakaan.
b. Berada di sekitar pusat kegiatan masyarakat seperti pusat pendidikan (sekolah), pemerintahan dan tentunya pemukiman.
c. Merupakan gedung/satu ruangan utuh yang tidak bergabung dengan
ruangan lain.
d. Mudah dicapai oleh pemakai, sehingga pemakai tidak membuang-buang
waktu secara sia-sia.
e. Cukup tenang dan aman untuk menghindari dari gangguan suara keras
dan kegaduhan.

2. Ruangan Perpustakaan
Yang dimaksud dengan ruangan perpustakaan adalah tempat diselenggarakannya perpustakaan. Sebagian besar kegiatan-kegiatan perpustakaan berada dalam ruangan tersebut. Demikian pentingnya kedudukan ruangan perpustakaan sehingga banyak ahli yang memberikan batasan perpustakaan sebagai ruangan tempat dihimpunnya berbagai macam sumber informasi.
Ruangan perpustakaan merupakan salah satu faktor yang turut memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pengelolaan perpustakaan. Tanpa ada ruangan tidak akan dapat menjalankan perpustakaan dengan berhasil.
Fungsi ruangan perpustakaan sekolah secara umum adalah untuk:
a. Tempat para petugas melakukan kegiatan-kegiatan perpustakaan, yakni menghimpun, mengolah dan kemudian melayankannya kepada pengguna.
b. Tempat menyimpan koleksi perpustakaan, baik yang fungsinya sebagai koleksi dasar pendukung kurikulum sekolah maupun koleksi penunjang.
c. Tempat dilaksanakannya kegiatan rutin layanan perpustakaan sekolah.
d. Tempat belajar secara bersama para siswa pada saat-saat tertentu.
Perpustakaan pada umumnya minimal memiliki 4 (empat) macam ruangan diantaranya :
1) Ruang koleksi buku
(rak-rak buku)1 rak (1 sisi, 5 susun, lebar 100 cm) dapat memuat 115-165 buku
eksemplar buku dan jarak antar rak 100-110 cm. Jadi dapat dihitung
berapa kebutuhan luas ruang yang diperlukan untuk menempatan rak dan
dapat disesuaikan dengan bahan pustaka yang dimiliki. Hal ini pun perlu
dipertimbangkan untuk tahun-tahun yang akan datang.
2) Ruang baca
Disesuaikan dengan ruang yang ada. Idealnya terpisah dari ruang koleksi dengan lulas yang mencukupi.
3) Ruang pengolahan bahan pustaka dan ruang Staf
Untuk melakukan aktifitas pengadaan dan pengolahan buku luas
ruangan tergantung berapa jumlah pengelola perpustakaan diperkirakan
setiap petugas memerlukan 2,5 m2.
4) Ruang sirkulasi
Ruang ini dipergunakan untuk melayani peminjaman dan pengembalian buku, ruang yang diperlukan minimal cukup untuk meletakkan meja sirkulasi dan perlengkapan lainnya.
Sesuai dengan fungsi-fungsi ruangan perpustakaan sekolah, maka luasnya pun sesuai dengan kebutuhan. Namun setidaknya memenuhi persyaratan sebagai berikut :
a) Ruangan untuk petugas
Petugas perpustakaan sekolah perlu disediakan ruangan secara khusus, setiadaknya disediakan tempat khusus dalam ruangan perpustakaan secara keseluruhan, agar dalam melaksanakan tugas kegiatannya tidak terganggu.
b) Ruangan untuk penyimpanan koleksi
Ruangan perpustakaan perlu ditata dan disusun secara teratur sesuai dengan sistem tertentu dalam ruangan yang khusus diperuntukan untuk itu. Misalnya ada ruangan koleksi yang bisa dipinjamkan, ruangan koleksi referens, ruangan khusus majalah / surat kabar dan ruangan lain yang diperlukan.
c) Ruangan untuk kegiatan pelayanan
Ruangan layananan ini meliputi ruangan untuk keperluan :
- Ruang untuk kegiatan layanan membaca
Ruangan ini diperlukan untuk kegiatan membaca dan belajar di perpustakaan. Luas ruangan disesuaikan dengan keperluan.
- Ruang untuk layanan referens
Ruangan ini diperlukan untuk menyimpan koleksi referens dan sekali-sekali untuk pelayanannya.
- Ruang untuk kegiatan layanan sirkulasi
Diperluakan untuk melaksanakan kegiatan layanan peminjaman koleksi.
Beberapa asas atau pedoman yang perlu diperhatikan pada waktu mendirikan gedung perpustakaan sekolah, atau dalam memilih salah satu ruang untuk kepentingan perpustakaan sekolah.
a. Fungsi utama perpustakaan sekolah adalah sebagai sumber belajar. Oleh karena itu gedung atau ruang perpustakaan sekolah berdekatan dengan kelas-kelas yang ada.
b. Gedung perpustakaan sekolah sebaiknya tidak jauh dari tempat parker.
c. Gedung atau ruang perpustakaan sekolah sebaiknya jauh dari kebisingan yang sekiranya mengganggu ketenangan murid-murid yang sedang belajar diperpustakaan sekolah.
d. Gedung atau ruang perpustakaan sekolah harus aman, baik dari bahaya kebakaran,kebanjiran, ataupun dari pencurian.
e. Gedung atau ruang perpustakaan sekolah sebaiknya ditempatkan dilokasi yang kemungkinannya mudah diperluas pada masa yang akan datang.
B. Peralatan perpustakaan
Peralatan perpustakaan adalah barang-barang yang diperlukan secara langsung dalam mengerjakan tugas/kegiatan di perpustakaan. Peralatan perpustakaan sekolah ada yang bersifat habis pakai dan ada pula yang bersifat tahan lama. Peralatan habis pakai adalah pealatan yang relatif cepat habis. Sedangkan peralatan tahan lama adalah peralatan yang dapat digunakan terus menerus dalam jangka waktu yang relatif lama.
a. Peralatan habis pakai
- Pena
- Kertas tipis untuk mengetik, membuat label buku, kantong buku, dan slip tanggal
- Kertas manila untuk membuat kartu katalog, dan dan kartu peminjaman
- Formulir pendaftaran
- Kertas bergaris untuk mancatat sesuatu
- Buku catatan
- Blangko surat
- Amplop bermacam-macam ukuran
- Buku inventaris bahan-bahan pustaka
- Buku inventaris peralatan perpustakaan
- Karbon
- Dan lain-lain

b. Pealatan tahan lama
- Mesin ketik
- Mesin stensil
- Mesin hitung
- Keranjang sampah
- Kotak surat
- Jam dinding
- Pisau
- Gunting
- Penggaris
- Bermacam-macam stempel
- Papan tulis
- Mesin genset
- Dan lain-lain

1 komentar: